Membandingkan Motor Skuter Terbaru Antara Suzuki Burgman Street dan Yamaha NMAX, Mana Pilihanmu?

Yamaha NMAX telah menjadi salah satu skuter terlaris sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Bahkan skuter ini akan laku seperti kacang goreng di pasar. Tapi kini, Suzuki Burgman Street, akan menjadi lawan yang lebih terjangkau dibandingkan NMAX dan berambisi untuk menggantikan Yamaha.

Burgman Street dan Yamaha NMAX

Suzuki Burgman Street VS Yamaha NMAX 2

Performa

Yamaha NMAX mengunakan mesin Blue Core 155cc, satu silinder, bahan bakar injeksi yang menghasilkan 15,1 tenaga kuda dan 13,9 Nm torsi. Tentu saja, mesin ini dipasangkan dengan gearbox otomatis sabuk V. NMAX 2021 memiliki rasio kompresi 11,6:1, yang merupakan peningkatan signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ia juga memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 7,1 liter, cukup besar untuk lebih dari sehari berkendara di dalam kota. 

Sementara Suzuki Burgman Street, performanya tidak sebanding dengan NMAX, mengingat kapasitas mesinnya dan harganya? Suzuki membekali skuter ini dengan mesin bahan bakar injeksi satu silinder 124cc yang hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,58 tenaga kuda dan torsi 10,2 Nm. Kapasitas bahan bakarnya juga lebih rendah, hanya 5,6 liter. 

Burgman Street mungkin kalah dalam hal performa dari NMAX, ia tetap bisa diandalkan sebagai kendaraan sehari-hari untuk perjalanan di perkotaan—jika Anda tidak menggunakannya hingga batas maksimalnya. Dengan mesin yang lebih besar dan lebih canggih, tidak diragukan lagi bahwa Yamaha NMAX unggul dalam hal performa. Yamaha memiliki keunggulan waktu dalam mengembangkan NMAX menjadi puncak segmen skuter maksis lokal. Suzuki Burgman Street VS Yamaha NMAX 2

Fitur

Seperti yang dapat diharapkan, Yamaha NMAX penuh dengan teknologi canggih dan fitur keselamatan. NMAX dilengkapi dengan Stop-Start Sistem Yamaha yang secara otomatis mematikan mesin saat berhenti di lampu lalu lintas. Ada juga sistem Smart Key berbasis proximity yang memungkinkan pengendara untuk menyalakan sepeda motor tanpa harus memasukkan kunci. 

Yamaha juga dilengkapi dengan panel instrumen LCD digital penuh yang menampilkan kecepatan, ekonomi bahan bakar, dan lainnya. Layar ini dapat dipasangkan dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect, membantu pengendara membaca notifikasi dan informasi lainnya saat sedang bepergian. Lebih dari itu, ada juga soket listrik elektrik untuk mengisi daya perangkat elektronik dan bagasi di bawah jok dengan kapasitas 23,3 liter. 

Cukup besar untuk menyimpan helm full-face dan barang berharga lainnya. Melihat Suzuki Burgman Street, ceritanya berbeda. Sebagai skuter tingkat pemula, wajar jika model ini tidak memiliki semua yang mewah. Namun bukan berarti tidak ada fitur yang bagus, karena Burgman Street memiliki beberapa fitur bagus. 

 Suzuki dilengkapi skuternya dengan Easy Start Sistem dengan tombol start dan kill switch mesin terintegrasi. Ada juga panel instrumen LCD digital multifungsi yang menampilkan informasi dasar. Fitur lain yang berpikir termasuk kotak sarung tangan 2 liter dan rak penyimpanan, ruang penyimpanan di bawah jok 21,5 liter, soket listrik DC, dan windscren yang terpasang pada bodi. 

 Yamaha NMAX memiliki sejumlah fitur yang sangat lengkap. Itu sebagian alasan mengapa skuter maksis ini memiliki penggemar setia di Filipina. Sementara itu, Suzuki Burgman Street cukup dengan fitur dasar yang dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa keributan. Namun, kita harus memberikan poin pada NMAX di sini, terutama karena fitur premium dan konektivitas smartphone yang canggih.

Harga 

Yamaha NMAX dihargai seharga Rp 31,62 Juta dengan status on the road. Sedangkan Burgman Street dijual seharga Rp 24,7 juta dengan status on the road. 

Jelas, perbedaan harga antara keduanya sangat besar. Oleh karena itu, kita memberikan poin pada Burgman Street karena harganya yang terjangkau.

Kesimpulan Suzuki Burgman Street VS Yamaha NMAX

Yamaha NMAX tetap menjadi sebuah skuter yang menarik dengan beragam fitur. Meskipun bukan model yang paling terjangkau, harganya dibenarkan karena desain yang bagus, keandalan terbukti, dan tentu saja, merek Yamaha. 

Sedangkan Suzuki dengan Burgman Street mengincar Yamaha dan berusaha untuk menggulingkan supremasi lokal NMAX. Burgman Street adalah pilihan bagus bagi mereka yang mencari skuter pemula yang terjangkau, terlihat baik, dan melakukan pekerjaannya dengan baik. 

Sebenarnya, jika Anda menginginkan sesuatu yang dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa tambahan yang berlebihan, Burgman Street adalah sepeda motor yang harus dimiliki dengan anggaran terbatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membeli dan Menggunakan Materai Elektronik (E-Materai)

Mengenal Teknologi Face Recognition: Masa Depan Identifikasi dan Keamanan

12 Motif Batik Populer di Indonesia, Mana yang Kamu Suka?